Rabu, 06 Oktober 2010

pengertian perilaku konsumen

Bab 1......
A. Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli.Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi ketiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif…

Contoh :
Saat Seorang Konsumen suatu produk kecantikan. Yang memilih barang-barang kosmetik yang biasa ia pakai dengan selective,, tentu ia akan memilih produk yang bagus kualitasnya.. dan ia pasti akan bertanya kepada penjual kosmetik tersebut agar tidak mudah tergoda oleh produk murah namun mutunya tidak bagus. Sebagai konsumen yang baik,,sebaiknya lebih selective dalam memilih kualitas produk yang biasa di gunakan..






Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen ... http://www.google.co.id/#hl=id&q=perilaku+konsumen+adalah&aq=3&aqi=g10&aql=&oq=perilaku+ko&gs_rfai=&fp=c2b28ac4e5118c25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar