Sabtu, 30 Oktober 2010

Karang taruna Rebak (Remaja Bakung)

Dalam Rangka memperingati Tahun baru isLam.. karang taruna Remaja Bakung (Rebak) mengadakan acara .. pengajian dan santunan kpada anak yatim yg brkisar antara 30 orang.
dana yang di kluarkan untuk acara ini adalah sbb :
sewa soundsystem @ 800.000 . konsumsi @ 1.500.000 . Bayaran penceramah/Ustad@ 500.000 . Santunan anak yatim @ 3000.000 . Dan Biaya ta terduga @ 400.000

karang taruna Remaja Bakung (Rebak) ini berada di Rt 01/05 Cilodong Depok.

Rabu, 06 Oktober 2010

kebutuhan dan motivasi konsumen

Motivasi

merupakan tenaga penggerak dalam diri individun yang mendorong mereka bertindak.
Tenaga penggerak ini timbul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi
Individu akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan tujuan dan pola tindakan sesuai hasil pemikiran dan proses belajar individu



MODEL MOTIVASI

Motivasi Positif :
yaitu pendorong kearah/mendekati obyek atau keadaan tertentu
Dorongan positif seperti :
kebutuhan, keinginan/hasrat

Motivasi Negatif :
yaitu dorongan untuk menjauhi / menghindari obyek atau keadaan tertentu.
Misalnya : rasa takut, keengganan

Motif Rasional.:
Konsumen berperilaku rasional jika mereka secara teliti mempertimbangkan semua alternatif dan memilih alternatif yang memberikan kegunaan terbesar

Motif Emosional :
Konsumen berperilaku emosional bila pemilihan sasaran menurut kriteria pribadi atau subyektif jadi tidak memaksimumkan kegunaan

Selama ini secara tradisional barang-barang konsumen (consumer goods) sebagai dasar pertimbangan segmentasi pasar yang sangat disukai secara umum adalah berdasar data demografi, tingkat pendapatan dan lokasi konsumen di dalam pasar yang dituju.
Karakteristik konsumen dapat ditinjau dari :
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. Agama
4. Suku bangsa
5. Pendapatan
6. Status pernikahan
7. Pekerjaan
8. Kesehatan, dll.

Ada 5 tahap dalam konsumen mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
1. Pengenalan kebutuhan
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan pembelian
5. Pengkonsumsian suatu produk dan perilaku purna beli

Kebutuhan :

* Kebutuhan Dasar (Primer) :

Bersifat fisiologis, seperti makanan, air, udara, rumah dsb

contoh kebutuhan fisiologis:



* Kebutuhan Perolehan (Sekunder) :

adalah kebutuhan yang dipelajari sebagai jawaban terhadap kebudayaan atau lingkungan seperti kekuasaan, kasih sayang, martabat dsb

contohnya kebutuhan keamanan
Kategori kebutuhan berdasarkan manfaat yang
diharapkan konsumen:

* KebutuhanUtilitarian: Produk yang dibeli memberikan manfaat praktis atau fungsional
*
* Kebutuhan Hedonic/ ekspresif: Produk yang dibelimemenuhi kebutuhan psikologis seperti rasa puas,emosional atau fantasi, memelihara konsep-Diri konsumen dan memenuhi kebutuhan sosial, ego/gengsi, atau estetika

contoh kebutuhan sosial dan kebutuhan esteem :

dan kebutuhan menurut maslow dapat dilihat melalui bagan berikut:

HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW





Sasaran :
merupakan hasil yang diinginkan dari perilaku yang didorong oleh motivasi.
Semua perilaku berorientasi pada sasaran

Pemilihan Sasaran :
Setiap kebutuhan tertentu mempunyai beberapa sasaran yang berbeda dan sesuai.

Sasaran yang dipilih individu tergantung pada :
- pengalaman pribadi
- kemampuan fisik
- norma dan nilai yang berlaku
- kemudahan mencapai sasaran tersebut dalam
lingkungan fisik dan sosial.


Pengukuran Motivasi danKebutuhan dalam Riset Konsumen dan RisetPemasaran

Untuk menentukan tingkat motivasi dan kebutuhan konsumenparapeneliti melakukan riset terhadap
konsumen.Biasanya melalui metodesurvei dengan instrumen kuesioner. Tujuannya memperoleh
informasi mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen menggunakan produk.Hasilnya berupa
pelaporan diri (self report)

sumber:
http://consumerbehaviour.blogsome.com/2007/11/09/motivasi-konsumen/
http://www.google.co.id/#hl=id&q=kebutuhan+dan+motivasi+konsumen&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=f6df00c24422336f

strategi pemasaran

A. Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
.
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.




Contoh : Seoranng produsen harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat.. agar tidak salah dalam mengambil kputusan yang tidak baik.. dalam menawarkan suatu barang dagangan kepada konsumen,,produsen harus bsa menarik rasa ingin tau konsumen terhadap produk yang produsen tawarkan. Dalam memilih tempat ataw lokasi penjualan pun harus strategis.. karna agar banyak konsumen yang berdatangan untukmembeli produk’’ yang di jual di toko tersebut






Sumber : http://www.google.co.id/#hl=id&q=pengertian+strategi+pemasaran&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=f6df00c24422336f

pengertian perilaku konsumen

Bab 1......
A. Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli.Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi ketiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif…

Contoh :
Saat Seorang Konsumen suatu produk kecantikan. Yang memilih barang-barang kosmetik yang biasa ia pakai dengan selective,, tentu ia akan memilih produk yang bagus kualitasnya.. dan ia pasti akan bertanya kepada penjual kosmetik tersebut agar tidak mudah tergoda oleh produk murah namun mutunya tidak bagus. Sebagai konsumen yang baik,,sebaiknya lebih selective dalam memilih kualitas produk yang biasa di gunakan..






Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen ... http://www.google.co.id/#hl=id&q=perilaku+konsumen+adalah&aq=3&aqi=g10&aql=&oq=perilaku+ko&gs_rfai=&fp=c2b28ac4e5118c25